Minggu, 17 Juni 2012

Selalu Motivasi Diri



Manusia akan memiliki kekuatan yang luar biasa bila mereka mulai yakin akan kemampuan meraka melakukan hal-hal yang semula mereka kira tidak mungkin bisa mereka lakukan. Ketika manusia mulai percaya pada kemampuan mereka, mereka memiliki kunci sukses mereka yang pertama.
~  N orman Vincent Peale  ~
Motivasi diri adalah bagaimana kita menjadikan diri kita terus bersemangat dalam melakukan aktifitas agar segera dapat di selesaikan. Motivasi itu sendiri adalah segala hal yang menjadikan kita lebih baik.
Seseorang cenderung ingin semangat melakukan sesuatu ketika mendapatkan motivasi atau dukungan dari orang-orang yang dicintai, teman-teman dekat dan keluarga. Dan motovasi itu sendiri bisa tumbuh dari diri kita sendiri tidak mharus dari ornag lain. ketika kita telah memperoleh motivasi diri baik dari dalam diri sendiri atau pun dari orang lain kita akan memiliki semangat yang menggebu-gebu dalam melaksanakan tugas, kegiatan, atau aktivitas kita. Tapi motivasi yang menggebu-gebu pada saat mendapat motivasi biasanya cepat hilang. Karena itu kita butuh motivasi satiap saat untuk sesalu membangun semangat. Motovasi itu seperti mandi, kalau kita habis mandi badan begitu terasa segar tapi tidak lama kemudian segar itu akan hilang seiring banyak kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan. Begitu juga motivasi yang kita dapat mudah sekali cepat hilang seiring muncul berbagai masalah yang kita hadapi dalam melaksakan berbagai aktivitas yang di lakukan. Karena itu perlunya motivasi setiap hari untuk terus membangun semangat dalam diri kita.
Motivasi itu seperti mandi; kalau Anda berhenti melakukannya maka Anda akan "melempem" lagi, sama seperti Anda akan bau lagi bila berhenti mandi.
~  Z ig Ziglar  ~
Menumbuhkan sikap motivasi diri setiap hari sangatlah diperlukan diibaratkan perlunya suplemen dalam tubuh kita untuk melaksanakan berbagai aktivitas dan kegiatan dengan semangat. Motivasi diri bisa dilakukan dari diri sendiri dengan beberapa cara, antara lain :
1.      Bicarakan Rencana Anda
Bicarakan rencana kita kepada orang-orang terdekat seperti suami, atau istri, orang tua kita, dan sahabat. Kita ceritakan rencana-rencana kita apa kegiatan yang kita lakukan, apa hal-hal yang akan kita lakukan untuk mewujudkan impian kita atau masalah-maslah yang saat ini kita sedang hadapi. Dengan menceritakan hal-hal tersebut kita akan mendapatkan masukan dorongan saran sehingga beban yang kita pikul pun akan tersa ringan dan kita akan terus termotivasi untuk melaksanakan rencana-rencana kita karena ada saran dan dukungan yang terus mengalir setiap saat kita mulai jenuh atau sedang ada masalah dan orang-orang terdekat kita juga bisa mengingatkan kita akan rencana kita jika kita lupa. Dengan demikian motivasi dalam diri kita akan tumbuh setiap harinya dan kita selalu bersemangat untuk menyalesaikan rencana-rencana kita.
2.      Menciptakan Sebuah Hasrat Yang Kuat
Untuk terus menumbuhkan motivasi diri kita bisa kita lakukan dari dalam diri kita sendiri seperti menciptakan sebuah hasrat yang kuat dalam diri, misalkan kita ingat kesuksesan dari hasil usaha kita, kita bayangkan orang tua kita yang mengucapkan ‘saya bangga dengan mu nak’, teman-teman kita yang mengucapkan ‘selamat ya atas kesusesanya atau congratulations yaa’, kita juga bisa memiliki banyak uang dan dapat memberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, membantu orang yang telah membantu kita, membeli apa pun yang kita inginkan. Membayangkan hal-hal yang demikian akan menciptakan sebuah hasrat dan menumbuhkan motivasi untuk segera menyelesaikan apa yang kita rencanakan untuk mengapai impian kita.
3.      Memiliki Rasa Sakit
Memiliki rasa sakit seperti bayangkan saja jika kita malas-malasan dan tidak segerah menyelesaikan aktivitas kita kita akan mendapatkan hukuman, sangsi, atau denda karena kemalasan kita atau bayangkan saja saingan kita akan mengejek kita kerena dia bisa lebih cepat menyelesaikan target rencananya di bandingkan kita. Dengan demikian motivasi semangat dalam diri kita akan tumbuh dan terus menyala dalam diri kita.
4.      Memilki Sebuah Ketertarikan
Memilki sebuah ketertarikan. Dengan malakukan aktivitas kita setiap hari kita munculkan sebuah ketertarikan pada aktivitas tersebut setelah melakukannya beberapa kali dan dirasakan anda enjoy dengan aktivitas tersebut. Ketertarikan yang muncul dalam diri kita akan menumbuhkan motivasi yang kuat dan semangat dalam melaksanakanya.
5.      Ambil sebuah langkah kecil
Mengambil sebuah langkah kecil diibaratkan kita mengumpulakan sekantong daun-daun yang tersebar mengatori halaman dan dengan segera kita ingin melihat halaman kita menjadi bersih kembali. Sebuah langkah kecil yang kita ambil merupakan bagian dari langkah besar akan kita wujudkan.  Sebuah langkah kecil yang kita ambil akan memberikan kita motivasi setiap hari untuk sebuah langkah yang besar yang akan kita capai.
6.      Miliki Energi
Suplemen atau obat-obatan mungkin akan menjadikan kita sehat untuk sesaat. Tetapi dalam kondisi yang lain kita membutuhkan badan yang benar-benar sehat kerena itu kita butuh olah raga yang teratur, makan-makanan yang sehat, tidur yang cukup untuk selalu menumbuhkan motivasi diri setiap hari dalam melakukan aktivitas dan kegiatan agar tidak ada gangguan kesehatan dalam mencapai apa yang kita inginkan.

7.      Ciptakan Keseimbangan Mental
Menciptakan keseimbangan mental dalam diri sangat penting dan sangat diperlukan disaat kita dalam keadaan kondisi yang tertekan, karena pada saat kondisi seperti ini kita  sangat untuk memumbuhkan motivasi dalam diri kita. Dalam kondisi tertekan mencoba untuk menghilangkan pikiran negatif kita, atau pilih kegiatan atau aktivitas lain yang relativ ringan dan kita lanjutkan kembali setelah perasaan kita kembali membaik, fikiran kita sudah kembali segar atau saat mood kita sudah kembali. Dengan seperti itu motivasi dalam diri kita akan tumbuh kembali dalam diri kita.
"If you woke up today, congratulations! You have another chance."
"Bila Anda masih terbangun hari ini, selamat! Itu berarti Anda masih punya kesempatan."
~ Anonym
Motivasi yang terbaik adalah motivasi yang tumbuh dari dalam diri kita sendiri, kerana motivasi yang muncul dari luar hanyalah untuk memicu atau sebagai acuan untuk membangkitkan motivasi dalam diri kita. Motivasi dari luar memang sanagatlah diperlukan untuk memicu motivasi dalam diri kita tapi ingat bahwa janganlah jadikan segalanya. Kerana diri pribadi kitalah yang menentukan segalanya.
 Jika motivasi terbaik adalah dari kita sendiri lalu kenapa banyak orng yang tidak termotivasi. Jawabnya sederhana saja kerena kita tidak mau bukan tidak bisa dalam berusaha untuk membangkitkan motivasi dalam diri kita. Dan usahankan motivasi itu selalu mendominasi dalam pikiran dan jiwa yang ada pada diri kita agar selalu membangkitkan tumbuhnya motivasi dalam diri kita.
Dan jika motivasi dalam diri kita sudah kembali lemah dan turun, hal yang dapat kita lakukan  adalah dengan mengunakan cara seperti membicarakan rencana kita, menciptakan hasrat, menciptakan rasa sakit, miliki sebuah ketertarikan, ambil langkah yang kecil, miliki energi, dan ciptakan keseimbangan mental seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Dan semuah cara itu jika kita perhatikan kembalinya adalah kepada dirikita sendiri. Cara lain yang dapat kita lakukan untuk dapat menumbuhkan motivasi dalam diri dapat kita lakukan seperti membaca kisah-kisah orang sukses yang berjuang dari bawah, membaca-baca artikel yang bernuansa positif, atau apa pun yang menurut kegiatan yang positif yang bisa menumbuhkan motivasi dalam diri kita.
moon and sun     Be miserable. Or motivate yourself. Whatever has to be done, it's always your choice.
Anda mau terus bersedih dan berputus asa, atau memotivasi diri Anda sendiri, semua terserah Anda. Apapun yang harus dilakukan, itu selalu menjadi pilihan Anda sendiri.
~  W ayne Dyer  ~

line


 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar